-->

Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami

Cara Mencerahkan Wajah Kusam Secara Alami - Cara Mencerahkan Wajah – Kulit wajah kita sangat sensitif, sehingga apablia terkena paparan sinar matahari terus menerus, debu, polusi atau berada di dalam ruangan ber-AC, dapat mengakibatkan kulit wajah kita menjadi tidak sehat dan kusam.

Memang, kita bisa saja menggunakan alat mаkе uр untuk menutupi kulit kusam secara instant dan cepat, namun sebenarnya ini justru akan memperparah keadan kulit kusam kita, karena mаkе uр yang tebal dapat mengakibatkan pori-pori tersumbat, sulit bernafas dan jika kita malah membersihkan wajah, maka masalah yang timbul selanjutnya adalah pori-pori membesar, komedo atau jerawat. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencerahkan wajah kusam secara alami.


Cara mencerahkan wajah kusam bisa kita lakukan sendiri di rumah. Memang, untuk lebih simpelnya kita bisa langsung ke salon atau tempat perawatan kecantikan, namun tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan rutinnya.

  • Cara Memutihkan Wajah Dengan Cepat Dalam Waktu 2 Hari
  • 23 Cara memutihkan wajah secara alami dengan cepat dan mudah
  • CARA MEMUTIHKAN WAJAH
  • Cara Membuat Lulur Tradisional Untuk Memutihkan Wajah Secara Alami

  • PENYEBAB WAJAH KUSAM

    Sebelum kita bahas lebih jauh bagaimana cara mencerahkan wajah, ada baiknya kalau kita ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab wajah kusam itu sebenarnya. Berikut ini beberapa penyebab wajah kusam yang harus anda ketahui:

    1. GAYA HIDUP

    Penyebab wajah kusam yang pertama adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang olahraga, mandi tak teratur, tidur tak teratur dsb.

    2. POLA MAKAN

    Selain gaya hidup, pola makan yang tidak sehat juga menjadi salah satu pemicu wajah kusam, pola makan yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, mulai dari junk food (makanan yang kurang gizi), gorengan, makanan yang memiliki kandungan banyak santan serta kurangnya konsumsi konsumsi atau vitamin yang diperlukan oleh badan

  • Cara Memutihkan Wajah Pria Agar Tampil Lebih Tampan
  • Cara Memutihkan Wajah dengan Masker Alami Buatan Sendiri
  • 24 Cara Memutihkan Badan Secara Alami & Permanen Paling Ampuh
  • 4 Cara Memutihkan Kulit Tubuh dan Wajah Secara Alami Dalam 1 Hari!

  • 3. FAKTOR LINGKUNGAN

    Lingkungan yang kurang higenis juga dapat mengakibatkan wajah seseorang menjadi kusam. Debu dan polusi yang menempel pada wajah dalam waktu yang lama akan mengakibatkan wajah menjadi kusam.

    5. FAKTOR GENETIK (KETURUNAN)

    Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebab wajah kusam.

    6. KURANG MENGKONSUMSI AIR PUTIH

    Kurang konsumsi air putih juga dapat menyebabkan wajah kusam, konsumsilah minimal 8 gelas air sehari.

    7. KURANG TEPAT DALAM MEMILIH PRODUK KOSMETIK

    Sering gonta-ganti kosmetik karena tidak cocok juga dapat mengakibatkan wajah justru menjadi kusam. Konsultasikan ke dokter atau ahli kecantikan sebelum memilih produk kosmetik.

  • Cara Membuat Lulur Pemutih Tubuh Dari Bahan Alami Dengan Hasil Putih Yang Maksimal
  • MERAWAT TUBUH DENGAN LULUR PEMUTIH BADAN
  • Lulur Susu Kambing Untuk Memutihkan Kulit Secara Alami
  • 20 Merek Lulur Paling Terlaris Berkhasiat Memutihkan Kulit Yang Bagus

  • 8. TIDUR TIDAK TERATUR

    Nah, penyebab wajah kusam yang terakhir adalah karena tidur larut malam, pada malam hari sekitar pukul 11.00 terjadi proses pembentukan sel darah merah yang baru. Proses ini akan terganggu jika kita masih saja begadang. Selain itu juga dapat mengakibatkan wajah pucat, kusam dan lemas.

    CARA MENCERAHKAN WAJAH KUSAM SECARA ALAMI

    Nah, kini kita sudah mengetahui beberapa penyebab wajah kusam, sebisa mungkin dihindari atau diminimalisir penyebab yang bisa kita minimalisir, agar wajah tidak semakin kusam lagi. Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mencerahkan wajah kusam secara alami berikut ini:

    1. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN BENGKOANG

    Cara mencerahkan wajah yang pertama adalah dengan menggunakan bengkoang. bengkoang sendiri sudah tidak diragukan lagi dapatmembuat kulit kita menjadi bersih bercahaya. Bahkan banyak produk kecantikan yang menjadikan bengkoang sebagai bahan utamanya.

    Kandungan vitamin C, saponin dan flavonoid menjadikan bengkoang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit seperti menghilangkan bekas jerawatn, mengangkat sel kulit mati. Selain itu, zat fenolik yang terkadung dalam bengkoang dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga pigmentasi yang disebabkan oleh sinar matahari dapat dicegahdan dikurangi.

  • Cara Membuat Lulur Pemutih Tubuh Dari Bahan Alami Dengan Hasil Putih Yang Maksimal
  • MERAWAT TUBUH DENGAN LULUR PEMUTIH BADAN
  • Lulur Susu Kambing Untuk Memutihkan Kulit Secara Alami
  • 20 Merek Lulur Paling Terlaris Berkhasiat Memutihkan Kulit Yang Bagus

  • Cara membuat masker bengkoang:

    Sediakan bengkoang secukupnya, kupas lalu cuci bersih.
    Parut bengkoang tersebut kemudian peras parutan tersebut  lalu simpan airnya dalam mangkok bening.
    Diamkan air perasan bengkoang tersebut selama satu jam sampai ada bagian puih yang mengendap seperti tepung.
    Pisahkan air perasan bengkuang dengan tepungnya yang berada di dasar wajah. Tepung inilah yang akan dijadikan sebagai masker atau bedak dingin.
    Oleskan endapan tepung bengkoang tersebut pada wajah mengguankan kuas masker.
    Biarkan selama beberapa menit sampai masker kering dengan sendirinya.
    Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk lembut. Ingat, jangan menggosok wajah karena akan menyhebabkan iritasi.
    2. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN DAUN SELEDRI

    Selain bengkoang, daun seledri juga terbukti ampuh digunakan untuk mencerahkan wajah secara alami. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahna berikut ini

    Ambil daun seledri sekitar 1-2 genggam lalu cuci hingga bersih
    Potong hingga menjadi bagian-bagian kecil
    Rebus dengan air selama 20 menit
    Angkat dan diamkan seledri tersebut hingga dingin dengan sempurna
    Lalu usapkan seperti maskeran pada wajah anda, sampai seledri dan airnya meresap pada wajah lalu tunggu sampai mengering sendiri di wajah lalu bilas dengan air bersih.
    3. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN MINYAK ZAITUN

    Ada banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk kecantikan alami, salah satunya adalah untuk mencerahkan wajah kusam. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin E di dalamnya yang menjadi antioksidan alami yang dapat menangkal oksidasi yang merusak sel. Itu artinya sangat baik serta tidak perlu kuatir lagi bahwa obat alami yang satu ini sangat baik untuk kulit. Cara penggunaanya bisa langsung dikosumsi secara langsung atau dioleskan pada kulit.

  • 10 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam Kasar dengan Lulur secara Alami
  • 4 Masker wajah untuk obati kulit belang karena sinar matahari
  • 5 Jenis masker beras untuk mencerahkan wajah

  • Caranya

    Campurkan satu sendok minyak zaitun, kemudian tambahkan gula pasir secukupnya.
    Kemudian aplikasikan secara menyeluruh pada permukaan wajah.
    Jangan lupa sambil digosok perlahan untuk membentu pengelupasan oleh gula pasir.
    Lakukan secara merata dengan pola gosokan seperti jarum jam.
    Kemudian diamkan selama 5 menit, lalu bilas hingga bersih.
    Jangan lupa sebelum melakukan perawatan ini ada baiknya anda mencuci muka terlebih dahulu dengan air hangat untuk mempermudah proses scrub.
    Baca juga 15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kulit

    4. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN PUTIH TELUR

    Putih telur juga bisa kita gunakan sebagai masker untuk mencerahkan wajah, caranya pisahkan bagian kuning dan putihnya. Bersihkan wajah sampai besar. Lalu oleskan putih telur ke semua permukaan kulit wajah kita. Kemudian cuci kembali wajah kita setelah bangun keesokan harinya. Lakukan langkah ini secara teratur dan terus menerus.

    5. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN ALPUKAT

    Alpukat juga bisa kita gunakan untuk masker wajah. Caranya hancurkan buah alpukat secukupnya kemudian mengoleskannya pada wajah. Alpukat dapat membantu menjaga kelembaban pada kulit wajah Anda.

  • 10 Cara Memutihkan Gigi secara Alami
  • Cara Memiliki Gigi yang Putih dan Bersih
  • Cara Memutihkan Gigi Dengan Alami
  • cara memutihkan wajah dengan bahan alami seperti pasta gigi, tomat, susu beruang untuk hasil permanen

  • 6. TIPS MENCERAHKAN WAJAH DENGAN LABU

    Kandungan Zinc di dalam buah labu dapat kita gunakan untuk mencerahkan wajah kusam secara alami. Caranya parut labu secukupnya, kemudian tambahkan putih telur dan madu. Gunakan masker ini rutin setiap harinya selama 10 menit. Dengan cara ini maka wajah kusam akan minggat dan tidak kembali lagi.

    7. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN TOMAT

    Tomat juga sudah tidak diragukan lagi sering digunakan sebagai masker untuk merawat wajah agar terlihat lebih putih dan bersih. Anda juga bisa memanfaatkan buah tomat untuk mencerahkan wajah secara alami. Caranya hancurkan tomat secukupnya, bersihkan wajah lalu oleskan pada sekitar wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Atau Anda dapat langsung memijatkan tomat yang sudah dibelah pada area sekitar wajah Anda yang kusam.

    8. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN ES BATU

    Gosokkan es bat upada wajah untuk mendapatkan wajah halus.

    9. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN PISANG

    Pisang selain sangat bermanfaat untuk kesehatan juga dapat kita gunakan untuk merawat kecantikan secara alami. Pluѕ harganya juga murah meriah. Nah, untuk menghilangkan wajah kusam, sebaiknya pilihlah jenis pisang susu. Caranya yaitu hancurkan pisang dengan menggunakan sendok kemudian campur dengan minyak zaitun dan gunakan selama kurang lebih 10 menit rutin setiap harinya.

  • Fakta dan Cara Pemutihan Gigi
  • Dampak Mencukur Bulu Wajah Bagi Wanita
  • Inilah 10 Bedak Untuk Wajah Berjerawat
  • 9 Hingga 12 Step Perawatan Wajah Rutin ala Wanita Korea

  • 10. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN SUSU

    Susu juga bisa kita manfaatkan untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Bahkan kulit kita bisa menjadi lebih kenyal lagi. Caranya yaitu

    Campurkan susu bubuk dengan air mawar
    Bersihkan wajah kemudian oleskan secara merata ke seluruh kulit wajah layaknya memakai lulur.
    Diamkan selama 15-20 menit hingga masker kering.
    Kemudian bersihkan wajah sobat menggunakan kain lembut. Selain bisa mencerahkan wajah, masker susu ini bisa mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan flek-flek di wajah.
    11. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN JERUK NIPIS

    Anda juga bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi wajas kusam, caranya yaitu sediakan air perasan jeruk nipis secukupnya, lalu oleskan air perasan jeruk nipis itu secara merata ke seluruh wajah. Biarkan saja sampai kering. Lalu bilas wajah menggunakan air bersih. Jeruk nipis juga mampu mengecilkan pori-pori.

    12. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN YOGHURT

    Yoghurt bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah. Selain itu juga mampu membuat kulit wajah menjadi lebih putih. Pakailah yoghurt tawar (plain) alias tanpa rasa sebagai masker wajah. Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh wajah dengan air sampai bersih.

    13. BANYAK MINUM AIR PUTIH

    Jangan lupa juga karena salah satu penyebab wajah kusam adalah karena kurang minum air putih sehingga tubuh kita mnejadi dehidrasi, maka dari itu penuhilah kebutuhan air putih harian anda.

    14. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN APEL

    Memang lebih mahal, namun apel sangat bermanfaat untuk mengatasi wajah kusam dan dapat mengurangi minyak berlebih di wajah. Caranya

    Haluskan 1 buah apel dengan blender tanpa air.
    Oleskan bubur apel secara merata pada wajah dan diamkan selama 20 menit.
    Bersihkan wajah dengan air hangat lalu bilas dengan air dingin.
    Gunakan masker ini seminggu sekali agar kulit menjadi lebih putih bersih alami.
    15. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN KULIT JERUK

    Selain dengan jeruk nipis, kita juga bisa menggunakan kulit jeruk manis yang sering kita konsumsi untuk menerahkan wajah secara alami.

    Caranya yaitu

    Rendam kulit jeruk yang telah ditusuk-tusuk dengan garpu ke dalam air hangat selama semalam.
    Gunakan air rendaman itu untuk membasuh wajah setelah dibersihkan, lalu keringkan.
    Fungsi air rendaman jeruk ini adalah mengangkat kotoran dan sel-sel mati pada wajah sehingga memutihkan wajah dan  tampak lebih cerah dan putih.
  • Inilah 10 Cara Memilih Bedak Untuk Wajah Berminyak
  • Review - Inilah Daftar 10 Bedak Untuk Wajah Berminyak
  • Cara Memutihkan Ketiak dengan Bahan Sederhana
  • Inilah 6 Manfaat Kentang Untuk Kulit Wajah

  • 16. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN PEPAYA

    Caranya:
    Haluskan pepaya yang sudah masak, kemudian tambbahkan satu sendok madu
    Bersihkan wajah
    Oleskan maker pepaya ini pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan bersih.
    Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini seminggu sekali.
    17. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN MELON

    Cara mencerahkan wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan buah melon. Buah melon sendiri merupakanastrigent alami yang dapat dimanfaatkan sebagai tonik dan memberi efek mendinginkan kulit karena terbakar sinar matahari.
    Caranya adalah dengan mengompres wajah dengan melon yang telah diiris tipis selama 20 menit dan kemudian bilas wajah.
    18. CARA MENCERAHKAN WAJAH DENGAN BERAS KETAN

    Cara mencerahkan wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan beras ketan. Caranya:
    cuci beras ketan secukupnya.
    Kemudian masukan beras yang sudah bersih kedalam kain satin atau katun.
    Lalu, tumbuk beras dalam kain tersebut hingga halus secara perlahan-lahan.
    Setelah, beras menjadi tepung,  celupkan beras tumbuk tadi kedalam air hangat
    Diamkan selama beberapa saat hingga air berubah warna seperti air susu.
    Lalu, usapkan kain yang berisi beras tumbukan tadi ke wajah secara merata dan diamkan selama dua menit.
    Nah, kira-kira anda mau pakai cara yang mana? Silahkan sesuaikan dengan ketersediaan bahan-bahan di atas di tempat anda. Memang cara alami membutuhkan kesabaran karena kita harus repot-repot meramunya sendiri. Demikianlah beberapa cara mencerahkan wajah kusam secara alami dari kami, semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya agar lebih bermanfaat lagi.
     

    Artikel Terkait