-->

4 Cara Membuat Masker Alami Untuk Rambut

4 Cara Membuat Masker Alami Untuk Rambut - Masker rambut merupakan salah satu dari rangkaian perawatan untuk rambut beserta kulit kepala. Menggunakan masker rambut sangat baik untuk rambut kita, karena bisa membuat rambut menjadi lebih sehat dan berkialu. Selain itu masker rambut juga mudah untuk di dapat di toko-toko sekitar rumah kamu. Walaupun masker rambut tersebut banyak dijual di toko-toko, tidak ada salahnya kamu membuat masker alami sendiri. Kita tau yang namya alami akan lebih baik hasilnya. Oleh karena itu, berikut cara membuat masker alami untuk rambut kamu.

Cara Membuat Masker Alami Sesuai Jenis Rambut

1. Pisang Masker Untuk Rambut Kering



Jika kamu memiliki rambut kering, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah bahan yang untuk deep moisturizer. Deep moisturizer ini sangat penting untuk rambut kering, karena mampu membuat batang rambut menjadi lebih lembap. Untuk mendapatkan masker rambut ini menggunakan buah pisang.

Bahan :
  1. 1 buah pisang
  2. 1 sendok makan mayones tanpa rasa.
  3. 1 sendok teh minyak zaitun
Cara membuat masker alami dari bahan diatas ialah, pertama-tama hancurkan buah pisang lalu campurkan dengan mayones dan minya zaitun, aduk hingga rata sampai menyerupai masker. Oleskan masker tersebut pada batang rambut. Ingat jangan batang rambut saja. Lalu bungkus dengan handuk hangat selama 10-15 menit. Setelah itu kamu bisa langsung membersihkan dengan air dingin hingga bersih. Kamu bisa tambahan shampo agar lebih bersih dan tambahan juga kondisioner hanya pada batang rambut.

BACA JUGA
  • Cara Merawat Rambut Secara Alami
  • 4 Manfaat Daun Seledri untuk Rambut
  • Inilah 6 Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami
  • Manfaat Minyak Kelapa untuk Semua Jenis Rambut

  • 2. Jeruk Nipis Masker Untuk Rambut Berminyak


    Tahukah kamu? memiliki rambut berminyak sebenarnya tidak begitu bermasalah, rambut yang berminyak akan lebih berkilau jika melakukan perawatan yang tepat. Cara membuat masker alami untuk rambut cukup menggunakan bahan seperti yoghurt tanpa rasa sebanyak 1 sendok makan dan jeruk nipis secukupnya.

    Lalu campurkan ke dua bahan tersebut, aduk sampai merata. Selanjutnya kamu tinggal oleskan masker tersebut ke batang rambut secara menyeluruh. Setelah 15 menit di diamkan, kamu tinggal membersihkannya dengan air dingin. Dan gunakan shampo ditambah dengan kondisioner untuk batang rambut.

    3. Ylang- Ylang Masker Untuk Rambut Rontok



    Seperti yang sudah pernah kita bahas, rontok pada rambut sebenarnya masih terbilang wajar hingga tidak lebih dari 100 helai/hari. Tapi kita yakin, tidak semua dari kalian akan mau menghitung berapa jumlah rambut yang jatuh di lantai. Selain itu rambut rontok merupakan salah satu fase dari pertumbuhan rambut itu sendiri, dimana rambut yang sudah tua akan secara otomatis digantikan dengan rambut yang baru. Maka dari itu terjadilah kerontokan.

    Tapi, permasalahanya adalah jumlah rambut yang rontok melebih rambut yang tumbuh. Karena itu, jika kamu mengalami hal tersebut salah satu cara menghentikannya adalah dengan membuat masker alami untuk rambut. Untuk rambut rontok bahan yang digunakan adalah 2 sendok minyak sayur atau minyak kelap dicampurkan dengan 10 tetes aromaterapi ylang-ylang (seperti pada gambar di atas). Ada sebagian orang yang menyebutkan ylang-ylang sejenis bunga kenanga.

    Setelah 2 bahan tersebut dicampurkan, kamu bisa langsung mengaplikasinya ke seluruh rambut kamu termasuk kulit kepala dan pijit secara perlahan dan lembut. Lalu setelah 10 menit didiamkan, kamu bisa langsung keramas dengan shampo dan tambahkan juga kondisioner dan bilas hingga bersih.

    4. Aroma Therapy Tea Tree Masker Untuk Rambut Ketombe



    Memiliki masalah rambut ketombe memang tidak diinginkan setiap orang, selain membuat kepercayaan diri berkurang. Rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe pun tidak baik untuk kulit kepala kita. Apa lagi kalau kamu sampai terlalu keras menggaruk kulit kepala dan pada akhirnya terjadi iritasi.

    BACA JUGA
  • 22 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak dan Orang Dewasa
  • 17 Cara Mengatasi dan Merawat Rambut Kering
  • 3 Jenis Kerontokan dan Cara Memilih Obat Rambut Rontok
  • 15 Pilihan Warna Cat Rambut Yang Keren & Cocok Untuk Kulit Sawo Matang

  • Maka dari itu, untuk masker rambut khusus ketombe ini, kamu bisa menggunakan bahan 2 sendok teh minyak sayur dan 10 tetes aromaterapi tea tree campur hingga rata. Usapkan pada rambut dan kulit kepala hingga merata dan pijit secara perlahan. Setelah itu diamkan sekitar 10-15 menit lalu bilas menggunakna shampo dan kondisioner hingga bersih. Penggunaan kondisioner cukup pada batang rambut saja.

    Oke, itu dia beberapa cara membuat masker alami untuk rambut kamu agar lebih sehat dan berkilau. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan masker diatas sebanyak 2 kali dalam seminggu.
     

    Artikel Terkait