-->

Cara Belajar Mencintai Rambut Keriting Anda

Pernahkah Anda merasa begitu benci dengan rambut keriting Anda yang terkesan kusut dan mengembang setiap saat? Pernahkah Anda merasa begitu iri saat melihat wanita-wanita berambut halus, lurus, dan tidak perlu repot-repot ditata setiap harinya? Apakah Anda lelah menghabiskan uang sangat banyak untuk membeli produk pelurus rambut? Apakah Anda lelah menata rambut berjam-jam setiap pagi? Apakah Anda muak melihat jenis rambut Anda dikategorikan sebagai “rambut yang kurang menawan” di berbagai media massa? Jika Anda menjawab “ya” untuk salah satunya, tandanya artikel ini memang cocok untuk Anda!



Sadarilah bahwa rambut keriting sangatlah menawan. Sejatinya, rambut keriting justru membuat penampilan seseorang lebih eksotis, elegan, menonjol, dan yang terpenting, unik. Pikirkan ini: apakah Anda benar-benar ingin memiliki rambut hitam dan lurus selayaknya ratusan wanita lain di luar sana? Bukankah menjadi “sama” dengan yang lain justru terlihat membosankan? Ironisnya, iklan-iklan di media massa berhasil menanamkan persepsi di benak pembaca bahwa jenis rambut yang indah dan menawan adalah hitam dan lurus, selayaknya model iklan sampo. Dalam banyak kasus, mereka justru kurang memperhatikan konsumen yang memiliki rambut keriting; itulah mengapa, Anda mungkin kerap kebingungan harus memberikan perlakuan seperti apa untuk rambut Anda. Sebelum melakukan apa pun, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah belajar menerima kondisi rambut Anda apa adanya, menyadari bahwa rambut Anda sesungguhnya indah dan menawan, serta merawatnya sebaik mungkin.

  • Cara Memanjangkan Rambut Sehat dalam Waktu Singkat
  • Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat
  • Cara Memanjangkan Rambut dalam Seminggu


  • Perhatikan penampilan figur publik yang tampak istimewa dengan rambut keritingnya (meski tekstur rambutnya tidak alamiah): Beyonce, Emmy ""Rossum"", Rose dari film ""Titanic,"" Sarah Jessica Parker, Kate Hudson, Debra Messing, dsb. Amati betapa menawannya rambut mereka dan sadarilah bahwa jenis rambut keriting sesungguhnya jauh lebih menarik daripada rambut lurus.



    Berikan perawatan ekstra untuk rambut Anda, terutama karena tekstur rambut keriting selalu lebih kering daripada jenis rambut lainnya. Salah satu metode yang layak Anda coba adalah merawat rambut dengan minyak panas.



    Hindari model rambut berbentuk segitiga. Bentuk rambut semacam ini muncul jika rambut Anda terlalu berat sehingga terkesan ‘tertarik seluruhnya’ ke bawah; akibatnya, puncak kepala Anda terlihat kempis, sementara bagian bawah rambut Anda terlihat menggumpal dan mengembang. Alhasil, rambut Anda pun akan terlihat seperti pohon Natal! Untuk mencegahnya terjadi, pastikan Anda memotong rambut di salon yang berkualitas dan sering menangani konsumen dengan rambut keriting; mereka mengetahui teknik memotong dan membuat layer yang tepat agar rambut Anda terlihat lebih ‘jatuh’ dan ringan (salah satunya adalah memotong rambut di setiap ujung bentuk ""S""). Cobalah mencuci dan menata rambut sambil menunduk, serta menjepit area di sekitar akar rambut untuk membuat rambut Anda terlihat lebih bervolume.



    Rawat rambut Anda. Ingat, ini adalah rambut Anda; jadi, jangan memperlakukannya seperti wig atau maneken. Selalu gunakan vitamin untuk melindungi rambut dari panas matahari dan alat catok, serta kondisioner yang berkualitas. Toh tidak bisa dimungkiri, rambut keriting memang memerlukan perawatan ekstra.

  • Cara Memanjangkan Rambut Anda
  • Cara Memanjangkan Rambut 5 Sentimeter dalam Sebulan
  • Cara Memanjangkan dan Menyehatkan Rambut


  • Jaga kelembapan rambut dengan mengenakan kondisioner saat keramas dan vitamin rambut yang tidak perlu dibilas. Rambut keriting sangat mudah kering dan kusut, serta tidak bisa terlihat lembut secara alamiah selayaknya rambut lurus. Oleh karena itu, selalu gunakan kondisioner dan vitamin rambut sebelum proses penataan, serta tidurlah menggunakan sarung bantal berbahan satin agar rambut Anda tidak kusut di malam hari.



    Urai dan sisir rambut Anda saat keramas dengan bantuan kondisioner. Percayalah, hidup Anda akan terasa jauh lebih mudah setelahnya.



    Berfokuslah untuk membuat rambut keriting Anda terlihat lebih indah alih-alih selalu meluruskannya. Rambut keriting justru akan terlihat sangat indah jika ditata dengan benar, lho!



    Jika merasa rambut Anda sedang sulit diatur, cobalah berkreasi dengan aneka cara menata rambut. Misalnya, angkat rambut Anda tinggi-tinggi membentuk cepol atau sanggul acak; jatuhkan sedikit bagian rambut di depan telinga untuk membingkai rambut Anda. Pastikan Anda mengikat rambut sedikit di atas telinga atau lebih tinggi lagi; pastikan pula ikatannya tidak terlalu kuat agar rambut Anda terlihat lebih terangkat dan bervolume. Jika ingin, Anda juga boleh membuat kepang Prancis atau kepang ekor ikan yang terlihat sangat cocok diaplikasikan di rambut yang keriting.



    Kenakan aksesori rambut yang menarik. Aksesori rambut yang unik dan bergaya vintage sangat cocok dikenakan oleh Anda yang berambut keriting! Cobalah mengikat rambut tinggi-tinggi bergaya bun (cepol tinggi), lalu menghiasnya dengan pita rambut berbahan renda brokat berwarna hitam dan putih, jepit rambut bertahtakan manik, atau pita rambut berwarna pastel (putih, merah muda, hijau, dan biru adalah pilihan yang tepat). Pastikan aksesori yang Anda pilih terlihat sederhana tetapi elegan.

  • Cara Meluruskan Rambut yang Keriting atau Susah Diatur
  • Cara Meluruskan Rambut dalam Semalam
  • Cara Melembutkan Rambut Setelah Diwarnai


  • Potong rambut di salon yang berkualitas untuk menampilkan versi terbaik dari rambut keriting Anda. Jika dipotong dengan teknik yang benar, model rambut berponi akan membuat penampilan Anda semakin menarik, lho! Siapa pun yang memotong rambut Anda, pastikan modelnya berbentuk layer panjang dan mampu membingkai wajah Anda. Jangan memilih gaya rambut dengan layer pendek karena akan membuat rambut Anda terlihat semakin bervolume dan mengembang.



    Syukuri keunikan karakter rambut Anda. Salah satu keuntungan memiliki rambut keriting adalah Anda tidak perlu khawatir mengalami rambut lepek dan berminyak. Lagi pula, rambut Anda sesungguhnya sangat spesial karena akan terlihat berbeda setiap harinya!



    Cintai rambut Anda. Pada akhirnya, tidak bisa dimungkiri inilah bentuk rambut alamiah Anda; jadi, mengapa berusaha melawan dan mengubahnya? Sebagai seseorang yang terlahir dengan rambut keriting, satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan adalah menerima dan mensyukurinya. Cintai rambut Anda, berbahagialah dengan apa yang Anda miliki, dan melangkahlah dengan penuh percaya diri!
     

    Artikel Terkait