-->

Menjaga Kebersihan untuk Menghindari Jerawat saat Diet Dengan Produk Anti Jerawat

3 Metode : Menjaga Kebersihan, Perhatikan Diet dan Olahraga Anda, Menggunakan Produk Anti Jerawat

Jerawat (aka "acne vulgaris") adalah kondisi kulit yang ditandai dengan timbulnya bintil atau jerawat. Kondisi ini bisa timbul di bagaian manapun dari tubuh dan pada semua umur, walaupun jerawat seringkali mempengaruhi remaja pada bagian wajah dan punggung. Beberapa faktor, seperti masa puber, tidak bisa dirubah, namun Anda bisa mengambil langkah-langkah untuk menghindari dan mencegah timbulnya jerawat. Jaga kesehatan tubuh dan penampilan Anda dengan menjauhi beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat.

Metode 1. Menjaga Kebersihan.


.

 1. Cuci wajah Anda dua kali sehari: sekali saat malam, dan sekali saat pagi. Saat Anda membersihkan wajah, cucilah perlahan-lahan dan gunakan air hangat. Panas akan membuka pori-pori wajah Anda dan suhu air hangat lebih cocok untuk membersihkan dibandingkan dengan air dingin. Pastikan air yang Anda gunakan tidak terlalu panas sehingga kulit Anda tidak terbakar.

Walaupun ada banyak produk perawatan kulit yang baik, selalu pastikan bahwa Anda menggunakan pembersih muka yang cocok dengan jenis kulit Anda (berminyak, kering, kombinasi, atau normal). Kulit yang lebih kering membutuhkan pembersih muka yang tidak mengangkat seluruh minyak dari wajah, sementara kulit berminyak membutuhkan formula yang lebih kuat dari biasanya.

Cuci tangan Anda sebelum membersihkan wajah. Membersihkan wajah adalah hal yang penting, tapi tangan yang berminyak dan kotor untuk memulainya tidak akan membantu Anda. Cuci tangan Anda "sebelum" membersihkan wajah Anda untuk hasil yang terbaik.

Jangan membersihkan atau menscrub terlalu kuat. Beberapa orang memilih untuk membersihkan wajah mereka dengan was lap, namun menggunakan wajah untuk melakukannya adalah cara yang lebih lembut. Jika Anda memiliki jerawat, membersihkan wajah dengan tangan Anda kemungkinan adalah pilihan yang terbaik... img_73797309cc').



2. Beri pelembab wajah setelah membersihkannya. Melembabkan wajah sama pentingnya dengan membersihkannya. Saat Anda membersihkan wajah, Anda membuatnya kehilangan minyak dan kelembaban, dan hal ini adalah intinya: minyak yang menyumbat pori-pori Anda dibersikan agar tidak menjadi jerawat di wajah Anda. Namun kulit adalah organ tubuh yang membutuhkan kelembaban. Ganti kelembaban yang hilang dengan memberikan pelembab setiap kali selesai membersihkan wajah.. Anda bisa memilih pelembab yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kulit Anda:.

Kulit berminyak: Pilih pelembab yang berbasis gel. [1] Pelembab berbasis gel biasanya lebih baik untuk wajah berminyak, karena pelembab jenis ini memberikan kelembaban yang penting bagi kulit Anda tapi tidak berlebihan.. Kulit kering: Pilih pelembab berbasis krim. [1] Pelembab berbasis krim lebih berat dan lebih lama memberikan kelembaban dibandingkan dengan pelembab berbasis gel. Dokter biasanya menyarankan pelembab ini untuk kulit yang memerlukan pelembab yang lebih kuat...

  • Cara Memanjangkan Rambut Sehat dalam Waktu Singkat
  • Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat
  • Cara Memanjangkan Rambut dalam Seminggu




  • 3. Eksfoliasi kulit sekali seminggu. Eksfoliasi berarti menghilangkan bagian terluar kulit secara lembut (yang disebut dengan "epidermis") untuk menghilangkan sel kulit mati dan membuka pori-pori yang tersumbat. Perhatikan apakah melakukan eksfoliasi sekali seminggu memperbaiki warna kulit Anda. Anda bia membeli produk eksfoliasi komersial, atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Apapun yang Anda pilih, jangan "terlalu sering" melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi sekali seminggu sudah cukup sering..img_65aa7ae0ae').



    4. Jangan pernah tidur tanpa membersihkan wajah Anda dari makeup. Jika Anda masih mengenakan makeup, biasakanlah untuk membersihkannya sebelum Anda tidur. Mungkin memang sedikit repot, namun makeup yang tidak Anda bersihkan akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. [2] Jika Anda tahu bahwa Anda cenderung membiarkan makeup dan Anda tidak ingin terlalu repot membersihkan wajah, siapkan beberapa tisue pembersih wajah yang bisa Anda gunakan dengan cepat..img_009165543a').





    5. Jangan sentuh wajah Anda dengan tangan. Tangan adalah tempat utama bakteri tinggal, karena tangan menyentuh berbagai macam barang. Menyentuh wajah adalah hal yang harus Anda hindari karena dapat menyebabkan perpindahan bakteri ke wajah. Dengan lebih sedikit bakteri di wajah Anda, maka kemungkinan Anda mengalami jerawat yang parah akan lebih kecil.. Sama juga halnya, hindari berbagi barang sehari-hari dan handuk dengan saudara Anda yang berjerawat. Barang-barang ini meliputi, handuk, sikat atau alat makeup, ikat rambut, dan lain-lain..

    img_ca63647519').



    6. Cuci sarung bantal Anda sekali seminggu. Minyak pada sarung bantal Anda bisa menyebabkan jerawat dengan menyebarkan kotoran, debu, dan sel kulit mati. Persiapkan dua pasan sarung bantal yang bisa Anda ganti setiap minggu sehingga Anda tidak harus selalu langsung mencucinya..img_a3c01827a3').



    7. Perhatikan kesehatan rambt Anda, terlebih jika kulit Anda berminyak. Cara Anda merawat rambut bisa memiliki pengaruh yang besar terhadap jerawat, khususnya pada bagian kening Anda. Kulit kepala Anda mengeluarkan minyak alami yang menjaga rambut Anda tetap lembut. Minyak ini memang bagus untuk rambut Anda, tapi bisa berbahaya untuk wajah Anda. Untuk itu, cuci rambut Anda paling tidak dua hari sekali. Cari cara untuk menyeimbangkan kesehatan rambut dan wajah.. Berhati-hati saat memberikan produk perawatan rambut. Gel, mouse, dan hairspray bisa masuk ke dalam pori-pori kulit Anda, membuatnya tersumbat dan menyebabkan jerawat. Perhatikan seberapa banyak produk yang ingin Anda berikan ke rambut Anda, khususnya jika Anda memiliki jerawat di bagian kening. #Hindari sinar matahari langsung. Paparan terhadap sinar matahari langsung bisa berbahaya bagi kulit Anda. Anda mungkin sudah tahu bahwa sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit, tapi sudahkah Anda tahu bahwa sinar matahari langsung bisa memperparah jerawat? [3] Saat Anda pergi ke luar rumah, atau akan melakukan kegiatan di luar ruangan dalam waktu panjang, gunakan tabir surya noncomedogenic untuk melindungi kulit dari sinar yang berbahaya. "Noncomedogenic" berarti bahwa tabir surya jenis ini tidak akan menyumbat pori-pori wajah Anda,

    img_af7ad0542f').



    Metode 2. Perhatikan Diet dan Olahraga Anda.




    1. Minum air dalam jumlah yang cukup. Menjaga tubuh Anda cukup cairan membantu Anda menjaga kulit agar tetap sehat. Walaupun bukti penelitian masih belum sepakat terhadap konsep "air membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh Anda," sebagian besar ilmuwan setuju bahwa minum air memiliki pengaruh yang bermanfaat bagi kulit Anda. [4][5][6] Anda tidak selalu harus minum delapan gelas setiap hari, tapi minumlah dalam jumlah yang cukup untuk mengganti cairan yang hilang selama Anda berolahraga, dan saat Anda merasa haus..img_7c05729f00').



    2. Makan makanan sehat. Dokter mulai memahami setelah bertahun-tahun bukti penelitian tidak cukup kuat membuktikannya, bahwa makanan memang memegang pengaruh penting terhadap kemungkinan dan keparahan jerawat Anda.[5][7][8] Makan diet seimbang yang kaya buah dan sayuran, protein sehat, gandum utuh, kacang dan biji-bijian, serta lemak sehat (asam lemak omega-3, sebagai contohnya) akan membantu tubuh Anda melawan jerawat. Pada saat yang sama, diet sehat ini akan membuat Anda lebih sehat dan memberikan energi yang lebih banyak. Sebagai tambahan untuk daftar makanan di atas, cobalah untuk memperoleh cukup:. Vitamin A. Vitamin membantu tubuh Anda mengeluarkan protein dan minyak yang dapat menyebabkan jerawat dari siklus sel. [5] Minumlah sebanyak 10,000 UI supleman vitamin A, atau makan makanan yang mengandung vitamin A dalam jumlah banyak, seperti minyak ikan, salmon, wortel, bayam dan brokoli.

    Zinc. Beberapa bukti penelitian menunjukkan bahwa penderita jerawat tidak memiliki zinc dalam jumlah cukup dalam tubuhnya. [5] Para ilmuwan memperkirakan bahwa zinc memberikan lingkungan yang tidak nyaman bagi bakteri penyebab jerawat. Makanan yang mengandung banyak zinc antara lain: kalkun, gandum, tiram, biji labu dan kacang tanah. [9]. Asam lemak Omega-3. Asam lemak Omega-3 membantu pergantian sel sehat dan mengurangi peradangan. [5] Contoh asam lemak omega-# meliputi biji flax, salmon, biji bunga matahari dan almond..

    img_e76b44cf75').



    3. Hindari diet dan makanan yang bisa menyebabkan masalah. Para ilmuwan meyakini bahwa makanan yang memiliki angka glikemi tinggi - seperti cokelat, kentang goreng, pizza, dan sebagainya - dapat menyebabkan jerawat.[10][11] Selain makanan yang memiliki angka glikemi tinggi, susu juga bisa menjadi penyebab utama jerawat, dokter telah menemukan bahwa:. Susu dan produk hasil olahannya mengandung hormon (testosteron dan androgen), yang dapat meningkatkan kadar insulin, seperti juga gula dan makanan dari tepung (glikemi tinggi). [12] Para ilmuwan saat ini telah menemukan hubungan yang jelas antara produk olahan susu dan jerawat. [13][14] Anda tidak perlu menghilangkan produk olahan susu sama sekali dari makanan Anda, namun berhati-hatilah untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan jika Anda merasa khawatir terhadap jerawat..

    img_94183da127').



    4. Hindari konsumsi alkohol dan merokok berlebihan. Alkohol dan rokok tidak baik bagi warna kulit Anda. Penelitian di seluruh dunia telah mengaitkan racun seperti tembakau dan alkohol dengan jerawat. [15][16] Dan ajaibnya: merokok dan minuman beralkohol tidak baik bagi kesehatan Anda. Jika Anda adalah perokok dan sering minum minuman beralkohol, dan ingin mencegah jerawat maka kurangilah kebiasaan ini jika Anda serius ingin memperoleh tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan..img_1913fa1152').



    5. Olahraga untuk mengurangi stres dan mencegah jerawat. Olahraga sangat bergunan untuk mencegah jerawat karena olahraga dapat menurunkan stres dalam tubuh Anda. Sayangnya, stres merupakan penyebab jerawat yang signifikan, baik pada anak-anak maupun orang dewasa. [17] Maka, semua cara yang bisa membantu Anda mengurangi stres adalah hal yang baik bagi kulit Anda. Olahraga adalah salah satu diantaranya..img_28b9e59454').



    6. Untuk membantu mengurangi stres, pastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan tingkat stres cukup besar pada seseorang, kadang-kadang, stres bertambah hingga 15% untuk setiap jam kurang tidur. [18] Dapatkan waktu tidur 9 - 10 jam jika Anda berusia kurang dari 18 tahun, dan antara 7 hingga 8 jam jika Anda sudah dewasa. [19].. .

    Metode 3. Menggunakan Produk Anti Jerawat.




    1. Gunakan benzoil peroksida. Benzoil peroksida digunakan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Benzoil peroksida memiliki beberapa konsentrasi yang berbeda, namun penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi benzoil peroksida 2,5% sama efektifnya dengan konsentrasi 5 - 10%, serta lebih sedikit mengiritasi kulit. [20] Sebagai tambahan lagi, benzoil peroksida bisa mengelupas sel kulit epidermis yang mati, sehingga menyebabkan kulit yang lebih cerah dan lebih muda sebagai gantinya..img_0fa655b7a3').





    2. Gunakan asam salisilat. Seperti benzoil peroksida, asam salisilat mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Asam salisilat juga mampu menyebabkan sel kulit mengelupas lebih cepat, sehingga memicu pertumbuhan sel kulit baru. Letakkan sejumlah kecil asam salisilat ke bagian wajah yang berjerawat sebelum tidur, setelah Anda membersihkan wajah..img_556a0ff3da').





    3. Pertimbangkan untuk menggunakan minyak tea tree. Walaupun minyak tea tree tidak dikemas khusus untuk obat jerawat, minyak ini adalah obat jerawat yang sangat efektif. Minyak tea tree memiliki sifat antiradang yang bisa menghilangkan kemerahan dan memperkecil ukuran jerawat sehingga jerawat tidak terlalu tampak. [21] Dalam sebuah penelitian, minyak tea tree memiliki efektifitas yang sama dengan benzoil peroksida dalam mengurangi peradangan pada pasien jerawat. [22]. Karena minyak tea tree sifatnya sangat kuat, encerkan dengan sedikit air sebelum menggunakannya dengan menotolkan dengan Q-tip atau alat sejenisnya. Terlalu banyak minyak tea tree mungkin justru akan mengiritasi kulit Anda..

    img_189d66903e').





    4. Jika jerawat Anda bertambah parah, konsultasilah dengan dokter Anda. Seorang dokter kulit dilatih untuk mengenali dan mengobati gangguan kulit. Dokter mungkin akan menyarankan resep yang mengandung klindamisin fosfat atau benzoil peroksida, di mana keduanya adalah obat jerawat yang cukup terkenal. Obat resep seringkali jauh lebih kuat dibandingkan dengan larutan yang bisa Anda beli dengan bebas...



    Tips.

    Selalu bersihkan wajah Anda saat Anda berkeringat. Minyak pada kulit Anda bisa menyebabkan jerawat bertambah parah, stres juga merupakan penyebab jerawat bertambah parah.

    Pastikan untuk merawat kulit Anda, jangan malas melakukannya.

    Jika Anda memiliki jerawat di salah satu sisi wajah, bisa jadi ini disebabkan oleh telepon atau bantal Anda. Jadi pastikan untuk membersihkannya secara teratur.

    Jika Anda mengenakan makeup atau tabir surya pada wajah Anda, pastikan untuk membersihkannya sebelum tidur atau makeup Anda akan semakin masuk ke dalam kulit Anda.

    Mencampurkan madu dan air jeruk lemon kemudian mengoleskannya ke kulit Anda akan membantu mengurangi bekas jerawat dan membersihkan pori-pori Ansa secara alami.

    Cobalah untuk tidur terlentang sesering mungkin untuk menghindari kontak antara wajah dan bantal Anda.

    Oleskan madu ke wajah Anda dengan bagian belakang sendok makan, kemudian secara perlahan tekan sendok dan angkat dari wajah. setelah itu cuci wajah Anda (lakukan ini sebelum mandi, maka Anda bisa membersihkannya tanpa membuat bagian lain tubuh Anda basah). Cara ini akan membuat kulit Anda bersih dan lembut (madu akan mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari wajah Anda).

    Jika Anda merokok, berhentilah. Karena nikotin, suatu bahan yang ditemukan dalam rokok telah lama diketahui dapat menyebabkan timbulnya jerawat di kulit. Berhentilah merokok dan perhatikan kulit Anda akan semakin cerah.

    Coba rutinitas mencuci wajah Anda dua kali sehari, kemudian oleskan benzoil peroksida dalam jumlah cukup dan akhiri dengan mengoleskan pelembab noncomedogenic. (Selalu konsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakan produk yang mengandung obat).

    Pastikan untuk mencuci wajah Anda, namun tidak dengan terlalu banyak sabun yang akan membuat kulit Anda kering dan menyebabkan lebih banyak jerawat. *Kadang-kadang, cara yang terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukannya secara alami dengan menggunakan produk alami. Witch hazel dapat membantu saat dioleskan dengan cotton swab setelah mencuci wajah Anda.

    Lakukan facial. Facial akan membantu membersihkan wajah Anda dan mungkin menghilangkan masalah bintik-bintik hitam.

    Konsultasikan dengan dokter kulit, dia bisa membantu Anda mengatasi masalah lebih baik daripada Anda sendiri.

    Bersihkan usus Anda dengan meminum kulit Psyllium sekali atau dua kali sehari. Cara ini adalah cara yang juga baik untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Psylliym bisa diperoleh di sebagian besar apotek, dan toko obat.

    Jika semua cara tidak berhasil dan Anda mengalami masalah yang lebih parah, Accutane (juga disebut dengan Roaccutane) dapat menghilangkan akar penyebab jerawat dan akan, dalam banyak kasus, menghilangkan masalah Anda selamanya. Walaupun begitu, obat ini memiliki beberapa efek samping yang beberapa di antaranya mungkin cukup berat.

    Makan lebih banyak sayuran berdaun hijau. Sayuran hijau telah lama diketahui mampu mencegah jerawat.. .



    Peringatan.

    Jangan pernah menyentuh wajah Anda sebelum mencuci tangan karena hal ini hanya akan menambah bakteri di wajah Anda dan membuatnya lebih rentan terhadap jerawat.

    Scrub wajah Anda hanya jika tidak ada jerawat. Scrub perlahan-lahan; hindari menscrub terlalu kuat atau terlalu sering.

    Jangan pernah memecahkan jerawat karena cara ini akan menyebabkan luka.

    Pembersih apapun yang tidak lembut hanya akan memperparah luka dan bahkan memacu timbulnya jerawat baru dengan merusak kulit atau membuatnya terlalu kering.

    Benzoil peroksida memiliki efek memutihkan bahkan pada pakaian dan rambut. Benzoil peroksida juga meningkatkan sensitifitas terhadap matahari, jadi mungkin kulit Anda akan menjadi lebih mudah terbakar.

    Krim dan lotion dapat menyumbat pori-pori.

    Jangan membuat perubahan drastis pada makanan atau cara membersihkan wajah sebelum berkonsultasi dengan praktisi medis profesional; beberapa hormon bisa menyebabkan jerawat secara tiba-tiba
     

    Artikel Terkait